SEJARAH DESA

  • SEJARAH DESA KLOMPANGAN

Desa Klompangan terletak di Kecamataan Ajung Kabupaten Jember Sekitar 11 Km kearah selatan Kabuapten Jember.Desa Klompangan merupakan dataran rendah yaitu 1000 m dari permukaan laut .Wilayah ini termasuk wilayah yang subur dan berpotensi untuk lahan pertanian tanaman pangan pada khuususnya dan tanaman lain pada umumnya.

Pada mulanya  Desa Klompangan merupakan kebun jati ( hutan jati ),kemudian daerah ini dibabat oleh seorang yang bernama  Pak Remeh yang tidak jauh dari daerah itu.Kegiatan pembabatan ini kemudian di bangun N.V. Bintang Djaya ( sekarang GMIT ).Sedangkan ditemapat lainnya di babat oleh seorang yang bernama Pak Misati juga penduduk Desa setempat,kemudian hasil babatan tersebut ditempati  oleh Pak Marjain dan H. Umar ( sekarang diberi nama Dusun Durenan .Yang menjadi Kepala Desa Waktu itu dan yang pertama kali menjadi kepala Desa Pak Meriana dengan masa jabatan 20 tahun yaitu dari tahun 1840 – 1860.

Latar belakang pemberian nama Desa ini sebagai Desa Klompangan,karena pada waktu dilakukan pembabatan hutan jati yang kedua,terdapat 5 ( lima ) batang pohon “ KLOMPANG “ yang sama tinggi dan sama besarnya.karena adanya pohon tersebut,maka sebagian besar penduduk menamakan Desa itu Desa Klompangan sampai sekarang ini,Desa Klompangan telah berumur lebih kurang 171 tahun sejak dilakukan pembabatan pada tahun 1840.

Desa Klompangan terdiri dari  5 ( lima ) Dusun. kelima Dusun itu adalah Dusun Krajan,Dusun Durenan,Dusun Curah Kates,Dusun Sumuran dan Dusun Pondok Labu.

 

 

 

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s