POTENSI DESA

  • KEUNGGULAN

Desa Klompangan Jember Sentra Duku

Categories: Berita UtamaBisnis | 0 comments

 

Jemberpost.com,

Pemerintah akan proyeksikan Desa Klompangan sebagai sentra tanaman duku. Ihwal itu disesuaikan dengan keinginan masyarakat yang sejauh ini telah banyak mensuplai duku sebagai salah satu hasil buminya ke berbagai kota, mulai dari Denpasar hingga Yogyakarta. Selain itu juga didukung keadaan tanah dan iklim Desa Klompangan yang cocok untuk pengembangan tanaman buah-buahan tersebut.
Menurut Ketua Klinik Konsultasi Agribisnis (KKA) Desa Klompangan, Dandik Samsul Hadi, buah duku sudah banyak dikembangkan oleh masyarakat desa ini. Bahkan, secara kualitas duku dari Desa Klompangan memiliki varietas yang lebih unggul dibandingkan buah duku dari daerah Malang sekalipun.
Kelebihan buah duku Klompangan, diantaranya berkulit tebal, bentuknya mulus kuning langsat dan bulat, manis. Serta tidak mudah busuk dan tahan lama sampai berminggu-minggu setelah dipetik dari pohonnya. “Yogyakarta itu tahu kalau duku Jember itu bermutu tinggi, Denpasar pun demikian. Sehingga kami tergugah bagaimana caranya pasar itu bisa terpenuhi,” katanya.
Tidak hanya pangsa pasar yang menjadi sasarannya. Tapi pihaknya berkeinginan kuat untuk meningkatkan kualitas duku tersebut lebih baik lagi. Dengan begitu, diharapkan selain kuantitas produksinya meningkat tentunya didukung pula dengan peningkatan kualitas buah dukunya. “Tiap tahunnya, rata-rata terjadi peningkatan permintaan yang cukup besar dari pasar duku klompangan. Memang di Jember sendiri buah duku asal Desa Klompangan kurang dikenal. Tapi di luar Jember, duku ini sangat digemari. Buktinya pangsa pasarnya selalu meningkat,” tengaranya.
Untuk memenuhi pangsa pasar yang tiap tahunnya terjadi lonjakan permintaan itu, KKA mengusulkan pada Bupati Jember secara langsung supaya dilakukan dukuisasi di desa tersebut. Usulan itu, katanya, diamini oleh Bupati. Bahkan, rekomendasi yang diberikan supaya tiap pekarangan rumah warga Desa Klompangan ditanami duku. “Bupati Jember sudah menyetujui usulan ini dan akan memberikan bantuan benih unggul untuk dukuisasi di desa kami. Masalah berapa jumlah benih yang diberikan, yang jelas bantuan benih itu akan diberikan pada penduduk desa supaya mereka menanami pekarangannya dengan buah duku,” ungkapnya.
Lebih jauh ia mengatakan, KKA merupakan lembaga desa yang melayani konsultasi pertanian, serta mencarikan solusi peningkatan produktivitas pertanian dan berupaya meningkatkan pendapatan petani dari hasil tanaman produksi. “KKA menekuni pengembangan tanaman pangan, hortikultura, tanaman taman dan bunga hias serta pupuk organic,” ujarnya.
Guna meningkatkan pelayanan terhadap para petani, KKA bekerjasama dengan tim ahli. Tim ahli yang menjadi rujukan untuk tanaman pangan dan hortikultura berasal dari UPTD Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Ketahanan Pangan (Disperta) Kabupaten Jember. Sedangkan untuk tanaman taman dan pupuk organic bekerjasama dengan kontraktor tanaman taman dan bunga hias, serta salah satu lembaga asal Kabupaten Lumajang,
KKA memiliki 37 petani bunga hias, 12 kios bunga dan tanaman taman, 51 orang petani rumput dan 2 orang kontraktor yang bergelut di bidang tanaman taman dan bunga hias. “Sedangkan untuk pengembangan buah duku rencananya semua warga Desa Klompangan akan mendukung pengembangannya,” tukasnya.
Sementara itu, Camat Ajung, Sutrisno, dukuisasi yang disentralkan di Desa Ajung itu oleh Bupati Jember itu bakal dijadikan salah satu agenda pembangunan desa dalam bidang pertanian. “Kami akan memfasilitasi program dukuisasi ini,” terang mantan praktisi Penyuluh Pertanian Lapang itu.
Ia mengatakan, benih yang diberikan pada masyarakat berjenis unggul dan bersertifikat. Paling tidak, imbuhnya, proyek itu akan digelar pada tahun 2009 ini. “Kami akan berhubungan dengan Disperta untuk secepatnya memberikan fasilitas, utamanya benih duku yang benar-benar unggul dan bersertifikat,” tandasnya.(sal)

Produk unggulan yang lainnya di Desa Klompangan adalah di bidang pertamanan, penghasil  rumput taman dan pembuatan serta perawatan dibidang pertamanan yang berada di dusun curah kates dan dusun sumuran desa klompangan ,dan produknya sudah merambah ditingkat nasional .

 

 

 

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s